Mercy Lens | CaringBridge

Mercy Lens Mercy's Lens

Review Film “Before The Flood”

                                                                                                                                                              

Before The Flood merupakan film documentary yang dibuat oleh National Geography. Film ini menceritakan dan menggambarkan apa yang sedang terjadi di bumi pertiwi kita ini. Pemanasan global yang telah kita dengar sejak duduk di bangku sekolah dasar itu telah memburuk. Pemanasan global yang terjadi telah mengakibatkan perubahan iklim di seluruh dunia.  Dalam film ini Leonardo Dicaprio dan tim National Geography mengunjungi beberapa tempat untuk meilhat kondisi realitas yang terjadi dan berusaha mencari jalan keluarnya. Diawal film, ditunjukan 3 panel gambar. Panel pertama hanya ada Tuhan serta Adam dan Hawa di taman Eden. Pada panel kedua, tergambar banyak sekali orang dan taman Eden menjadi lebih ramai dan penuh dengan hal-hal menyenangkan. Dan pada panel ketiga, langit yang semula di panel satu dan panel kedua berwarna biru berubah menjadi gelap dan taman Eden terlihat penuh kehancuran. Dan kita saat ini sedang berada di panel kedua.
                    Pemanasan global sebagian besar diakibatkan oleh ulah manusia. Tidak hanya pemerintah, tidak hanya para pengusaha, kita semua terlibat didalamnya. Contohnya saja salah satu paru-paru dunia yaitu hutan Sumatera yang kini hampir seluruhnya berubah menjadi perkebunan kelapa sawit. Kelapa sawit merupakan buah termurah di dunia ditambah sisi konsumtif manusia  yang tinggi membuat para pengusaha semakin aktif dalam menggunakannya sebagai modal bisnis. Kelapa sawit merupakan bahan pembuatan make up, deterjen, dan berbagai macam produk lainnya. Selain itu juga bahan-bahan yang kita gunakan dalam pembangunan rumah atau gedung.  Banyak orang yang masih bingung akan isu ini. Intinya ada tiga fakta yang perlu kita ketahui dari pemanasan global yaitu;  es meleleh, bumi memanas, dan meningginya permukaan air laut.

Pemanasan global adalah sebuah masalah besar. Masa depan dunia berada di tangan kita. Masa depan yang akan dimiliki anak dan cucu kita bergantung pada apa yang kita lakukan sekarang. Seperti yang dikatakan oleh presiden Barack Obama bahwa ia ingin agar anak dan cucunya bisa bertumbuh sama halnya dengan bagaimana ia tumbuh. Obama juga menambahkan bahwa masalah pemanasan global bukan hanya isu lingkungan melainkan isu nasional.  Dia menambahkan bahwa salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mengedukasi masyarakat. Banyak orang yang memaksa agar pemerintah segera melakukan sesuatu terhadap isu pemanasan global. Padahal yang pihal yang harus melakukan sesuatu adalah masyarakat itu sendiri. Contohnya; Barack Obama pernah mengeluarkan statement yang menyatakan bahwa ia menentang pernikahan sesama jenis. Setelah itu, dia di demo oleh massa yang mendukung pernikahan sesama jenis. Melihat amarah warganya, Barrack Obama pun mengubah statementnya menjadi pro pernikahan sesame jenis. Oleh karena itulah peran masyarakat sangat dibutuhkan. Selain itu, jika masyarakat berhenti membeli produk-produk yang dapat memperburuk pemanasan global, maka masalah ini pun bisa teratasi. Namun, itu akan sangat sulit dilakukan sehingga Obama mengatakan bahwa penyelesaian isu pemanasan global bisa jadi tidak tepat waktu.

Leonardo sebagai salah satu producer film ini juga mengunjungi India untuk melihat bagaimana keadaan disana. India merupakan negara yang paling berpolusi di dunia dan sama hal nya dengan China, India memiliki jumlah penduduk yang sangat padat. Banyak rumah tangga di India yang belum mendapatkan akses listrik. Menurut Sunita Narain (Pusat Sain dan Lingkungan), kebutuhan listrik oleh satu orang Amerika sama dengan kebutuhan listrik 34 orang di India. Hal ini disebabkan oleh besarnya rumah-rumah ataupun gedung di Amerika sehingga membutuhkan tenaga listrik yang besar, meskipun jumlah penduduk di India jauh lebih banyak.

Banyak pulau-pulau tenggelam dan pemerintah terpaksa mengimigrasikan masyarakatnya. Ada sebuah pulau bernama Palau telah hancur sejak 12 tahun yang lalu akibat naiknya permukaan laut. Naiknya permukaan laut ini disebabkan olen mencairnya es di Kutub Utara, dan mencairnya es tersebut disebabkan oleh pemanasan yang terjadi dari dalam perut bumi.  Sehingga banyak orang yang kehilangan tempat tinggal mereka.

Leonardo juga dibawa untuk melihat-lihat isi laut menggunakan sebuah kapal selam bersama Jeremy Jackson (Ahli Ekologi Laut).  Jeremy bercerita bahwa 50%  terumbu karang telah rusak dan membutuhkan waktu yang lama untuk tumbuh. Itulah yang menyebabkan ekosistem laut menjadi rusak sehingga banyak mahkluk laut yang mati. Kebakaran hutan di Indonesia juga menyebabkan bertambahnya karbon dioksida di udara.

Pada akhir film, Leonardo mengatakan dengan tegas bahwa setelah 21 tahun perdebatan dan konferensi, inilah saatnya untuk berdeklarasi, tidak perlu lagi berbicara, tidak perlu lebih banyak alasan, tidak perlu lagi 10 tahun penelitian, tidak ada lagi ijin penggunaan bagi perusahaan-perusahaan bahan bakar fosil untuk memanipulasi dan mendikte ilmu pengetahuan serta aturan-aturan yang bisa mempengaruhi masa depan kita.Leonardo juga mengatakan bahwa “kalian lah yang memilih akan dipuji oleh generasi masa depan kalian, atau difitnah mereka. Kalian adalah harapan terakhir bumi. Kita diminta untuk melindunginya atau jika tidak, maka kita dan semua yang kita hargai (yang kita miliki sekarang) adalah sejarah”.


Kelebihan dan Kekurangan Film Before The Flood :
Kelebihan :
1. Film ini menggambarkan dengan baik realitas kondisi bumi.
2. Film ini memiliki banyak narasumber.
3. Film ini memperlihatkan kondidi ekosistem darat dan laut.
Kekurangan :
1. Film ini memperlihatkan kondisi di wilayah iklam dingin (Kutub Utara) dan iklim tropis (Indonesia), namun tidak memperlihatkan bagaimana kondisi tempat yang sangat panas dan kering seperti Afrika. 

CaringBridge is a nonprofit social network dedicated to helping family and friends communicate with and support loved ones during a health journey. Learn more about CaringBridge.

To interact with Mercy’s website, sign in or register today.

By registering with CaringBridge, you will join over 300,000 people a day who are supporting friends and family members.

Sign In Or Register
SVG_Icons_Back_To_Top
Top